Kajian Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 23-24

Pembahasan Kitab Tafsir Ibnu Katsir untuk Surat al-Baqarah ayat 23-24 banyak menguraikan tentang tantangan Allah SWT kepada orang-orang Kafir untuk membuat surat yang semisal dengan firman-firman-Nya, dikarenakan orang-orang Kafir meragukan firman-firman Allah SWT.

Allah SWT Maha Mengetahui bahwa di antara manusia akan ada manusia yang meragukan firman-firman-Nya, dan itu terbukti pada umat Nabi-Nabi terdahulu banyak di antara mereka yang menganggap apa yang dibawa Nabi dan Rasul itu semata-mata dongeng belaka. Hal itu disebabkan oleh adanya penyakit “ragu” terhadap kebenaran di dalam hati umat-umat tersebut. Oleh karenanya, Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang yang ragu ini untuk membuat ayat atau surah yang semisal walau hanya satu ayat, jika mereka mampu.

Dengan tantangan yang sudah diberikan kepada orang yang meragukan firman-Nya, Allah SWT juga telah memastikan bahwa membuat satu ayat yang semisal itu tidak akan bisa dilakukan dan “memang tidak akan pernah bisa dilakukan” oleh orang-orang yang ragu tersebut. Akhirnya Allah SWT mengiringi dengan peringatan bahwa dengan ketidakmampuan manusia itu, maka manusia harus takut kepada sebuah tempat yang amat mengerikan yakni “neraka” di mana bahan bakarnya adalah manusia dan batu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: \"Iqra\'\"