Meraih Cahaya

Menjemput Ridho Allah SWT

Setiap insan selalu berkeinginan mengharap ridho dan kasih sayang Allah tercurah kepadanya secara terus menerus, karena mereka sadar tidak ada satupun mahluk yang bisa menolong ketika di yaumil akhir. Azab yang silih berganti, api yang bergejola selalu membakar, kemana harta benda yang dulu dijadikan kebanggaan, kedudukan yang tinggi, tidak ada satupun yang bisa memberi pertolongan melainkan ridho dan kasih sayangnya Allah SWT, lantas bagaimanakah cara kita mendapatkan hal tersebut, dalam al-Quran telah dijelaskan cara agar mendapatkan ridho dan rahmat Allah surah Ali imron ayat 110 yang berbunyi sebagai berikut:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Terjemah Arti: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Ayat diatas sangat jelas menerangkan kepada umat Islam jika mereka ingin menjadi yang terbaik dari umat-umat yang lainnya maka hendaklah mereka mengerjakan amal kebajikan. Salah satunya adalah menyeruh kepada saudara-saudaranya untuk menjalankan yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar (mengajak kepada kebaikan dan menjahukan dari dilarang Allah).

Al-Maraghi menafsirkan bahwa ayat di atas mengandung sebuah unsur motifasi untuk umat Islam agar selalu menjadi umat yang mengajak akan kebaikan, mencegah kepada kemungkaran, dan tetap selalu memegang teguh keimanan dan ketaqwaan hanya kepada Allah SWT. Karena Iman dan Taqwa suatu bekal untuk mencapai tingkat yang mulya disisinya.

Salah satu ulama tafsir yang bernama mawardi juga menafsirkan bahwa dimakdsud ayat di atas ialah umat islam itu sendiri sebagai umat yang terbaik dari berbagai umat manusia lainnya beliau juga mengatakan umat islam lah umat yang mulya dihadapan Allah SWT.

Di sini tuhan memberikan kepada kita semua sebuah jaminan bagi mereka yang menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar (mengajak kepada kebaikan dan menjahukan dari dilarang Allah) akan mendapatkan keridoan dan kasih sayangnya dan mendapat gelar sebagai umat yang terbaik disisinya. SeSungguhnya harta, jabatan dan kedudukan tidak menjamin untuk mulya dihadapan Allah kecuali dipergunakan dijalan yang benar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: \"Iqra\'\"