Dunia Muslimah

Manfaat Berjilbab Bagi Wanita Muslim

Manfaat Berjilbab

  1. Menghindari Diri Kita dari Perbuatan Dosa

Sabda Rasulullah SAW:

“Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

  1. Terhindar dari Fitnah dan Kejahatan

Kita banyak melihat tayangan di media massa banyak diantara para wanita kita mendapat pelecehan, baik secara phisik maupun lisan, Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena mereka tidak menghargai diri mereka, mengumbar2 bagian tubuh mereka, itu dapat juga kita lihat ditempat2 umum, banyak diantara mereka para wanita yang tidak nyaman mengunakan pakaian seperti itu tapi, karena hanya sekedar mengikuti tren, jadilah seperti itu, mereka repot sendiri dengan apa yang dipakainya,[1]

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari).

Jikalau wanita pada jaman Rasul saja sudah merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal wanita pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana wanita pada jaman sekarang? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti sekarang, kita bisa menyasikan sendiri dilingkungan sekitar kita.

  1. Akan Memiliki Sifat Seperti Bidadari Surga

Firman Allah dalah surat Ar-Rahman Ayat 56:

“Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar Rahman: 56)

Firman Allah dalah surat Ar-Rahman Ayat 58:

Dengan berjilbab, Kaum Hawa akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.

  1. Menjaga Tubuh dari Pengaruh Buruk Lingkungan dan Cuaca

Dengan menngunakan jilbab secara Islam dan konsisten maka sipemakai akan terhindar dari penyakit kanker kulit. Kanker kulit itu sendiri adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.

Penelitian menunjukkan kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki. Kanker ini banyak menyerang orang berkulit putih, sebab kulit putih lebih mudah terbakar matahari.

Kanker tidaklah membeda-bedakan antara laki-laki dan wanita. Hanya saja, wanita memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada laki-laki. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terserang penyakit khususnya kanker kulit.

Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV.

  1. Memperlambat Gejala Penuaan

Proses Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua manusia yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain.

Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin D yang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin. Jaringan kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Dengan menggunakanKrim-krim pelindung kulit saja tidak cukup efektif melindungi kulit secara total dari sinar matahari. jilbablah yang cukup efektif untuk melindungi kulit.[2]

[1]  Bustanuddin Agus, Islam dan Pembangunan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007).
[2] Haya  Binti  Murabok  al  Barik. 2001.Ensiklopedi  Wanita  Muslimah.Jakarta:  Darul  Falah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: \"Iqra\'\"